Tolong iklan yang ada di blog ini di klik 1x saja demi kelangsungan blog ini!!!!!

Sabtu, 26 Maret 2011

Sarapan Sereal Cegah Hipertensi

Sereal yang kaya serat termasuk dalam salah satu menu sarapan terbaik karena khasiatnya untuk kesehatan. Bukan cuma baik untuk pencernaan dan jantung, sereal whole grain (serelia utuh) juga bermanfaat mengendalikan hipertensi.

Dalam riset yang dilakukan Dr.Jinesh Kochar, ditemukan orang-orang yang rutin sarapan dengan sereal yang mengandung serelia utuh setiap hari memiliki penurunan tekanan darah 20 persen lebih tinggi dibanding orang yang tidak sarapan sereal.

"Aktivitas fisik teratur ditambah konsumsi serelia utuh bisa mengurangi risiko hipertensi," kata Kochar, peneliti kedokteran geriatri dari Boston.

Dalam penelitiannya ia dan timnya menganalisa data 13.368 dokter pria berusia 39-85 tahun yang terlibat dalam penelitian Physician Health Study. Pada awal dimulainya studi semua responden tidak menderita hipertensi. Kemudian setelah 16 tahun kemudian dicek kembali ditemukan 7.267 yang hipertensi.

Setelah membandingkan dengan faktor usia, berat badan, riwayat diabetes, kebiasaan merokok, olahraga dan konsumsi buah dan sayuran, para peneliti menemukan pria yang tidak makan sereal memiliki risiko hipetensi 35 persen lebih tinggi dibanding yang rajin sarapan sereal.

"Hasil riset ini bisa menjadi bukti bahwa serelia utuh dan kandungan di dalamnya seperti magnesium dan potasium bermanfaat untuk jantung, pembuluh darah, dan metabolisme glukosa dalam tubuh," kata Kochar.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan cerdas. Jangan sampai ada SARA

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes