Tolong iklan yang ada di blog ini di klik 1x saja demi kelangsungan blog ini!!!!!

Selasa, 05 April 2011

KEGIATAN UJI YODIUM

Tujuan : Proses fotosintesis menghasilkan amilum.

Kajian Teori :
Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan mampu melakukan fotosintesis karena mempunyai sel-sel yang mengandung klorofil (zat hijau daun). Dalam fotosintesis, energi cahaya matahari diserap oleh klorofil dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk
karbohidrat atau senyawa organik lainnya. Di dalam tumbuhan karbohidrat diubah menjadi protein, lemak, vitamin, atau senyawa yang lain. Senyawa-senyawa organik ini selain dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri, juga dimanfaatkan oleh manusia dan hewan herbivora sebagai bahan makanan. Fotosintesis melibatkan banyak reaksi kimia yang kompleks.

Syarat-syarat agar berlangsung proses fotosintesis, yaitu sebagai berikut.
a. Karbon dioksida (CO2), diambil oleh tumbuhan dari udara
bebas melalui stomata (mulut daun).
b. Air, diambil dari dalam tanah oleh akar dan diangkut ke daun
melalui pembuluh kayu (xilem).
c. Cahaya matahari.
d. Klorofil (zat hijau daun), sebagai penerima energi dari cahaya
matahari untuk melangsungkan proses fotosintesis.

Tapi kita akan membuktikan fotosintesis menghasilkan karbohidrat. Percobaan ini Pada tahun 1860, seorang ahli botani Jerman bernama Julius von Sachs berhasil membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum (zat tepung). Adanya zat tepung ini dapat dibuktikan dengan uji yodium, sehingga percobaan Sachs ini juga disebut uji yodium.


Alat dan Bahan :

1. Gelas kimia 7. Pipet tetes
2. Tripod (kaki tiga) 8. Gunting
3. Pembakar spiritus 9. Kertas timah atau kertas karbon
4. Tabung reaksi 10. Larutan yodium (lugol)
5. Cawan petri 11. Alkohol 70%
6. Pinset 12.Daun tumbuhan

Cara Kerja :

1. Tutuplah sebagian daun tanaman yang kamu pilih (misal ketela pohon) di kedua sisinya dengan kertas timah (atau) dapat juga menggunakan kertas karbon), sehari sebelum percobaan.

2. Biarkan daun tersebut terkena cahaya matahari. Kertas karbon/kertas timah menghalangi cahaya matahari sehingga bagian itu merupakan bagian yang tidak terkena cahaya matahari.

3. Petiklah daun tersebut pada saat akan melakukan percobaan.
4. Bukalah kertas timah/kertas karbon yang menutup daun.

5. Masukkan daun tersebut ke dalam gelas kimia yang berisi air panas dan tunggulah sampai daun layu.

6. Masukkan daun yang telah layu ke dalam tabung reaksi dan berilah alkohol 70% secukupnya, lalu masukkan tabung reaksi itu ke dalam gelas kimia yang berisi air.

7. Panaskan air di atas tripod hingga mendidih. Gantilah alkohol bila sudah berwarna hijau (lakukanlah kerja ini sampai daun tidak berwarna hijau lagi).

8. Angkatlah daun dengan pinset, kemudian letakkan di atas cawan petri. Tetesilah daun tersebut dengan larutan yodium (lugol) dan amatilah perubahan warna yang terjadi.


Hasil Pengamatan :

Setelah ditetesi lugol daun yang terkena sinar matahari akan berwarna tetap kehijauan dan yang tidak terkena sinar matahari akan berwarna hijau kehitaman.


Pembahasan :

Bahwa tumbuhan yang berwarna kehijauan mengalami proses fotosintesis dan yang berwarna kehitaman tidak terjadi proses fotosintesis.


Kesimpulan :

Bahwa proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan yang berwarna hijau akan sealu menghasilkan amilum/karbohidrat dan juga oksigen.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan cerdas. Jangan sampai ada SARA

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes